Cari Disini....

Rabu, 16 April 2008

Tips merawat Flash Drive

Flash drive memang bukan benda mewah lagi, liat aja contoh nyatanya, para pelajar SMP bahkan SD sudah memiliki tu flash drive, heran..? ga juga lah, karena memang sudah suatu kebutuhan yang mendasar sebagai pengganti disket yang lebih efektif dan efisien, terkadang harga flash drive bisa melebihi harga dari data yang kita simpan didalamnya, ya masuk akal juga apalagi bagi para programmer yang menyimpan data creator program nya disana, hm...ga kebayang kan kalo tiba-tiba tu flash ga kebaca di kompi....( confused :mode on ). ada baiknya kita merawat dan menjaga sekaligus hemat agar tidak selalu menjadi jajanan mesti beli flash drive melulu.
Sobat semua tentunya ingin merawat ataupun menjaga Flash drive agar awet, ya toh..?, berikut tips dari saya agar media portable kita lebih awet,....
  1. Simpan baik-baik flash kita baik sedang kita bawa ataupun ketika kita tinggalkan di suatu tempat, hindari panas dan hindari lembab, misal : jangan anda letakkan di saku baju yang terjemur matahari (pakaian kale dijemur), karena bahan flash sebagian terbuat dari logam, nah kan sifat logam bisa memuai, mkanya hati-hati, atau di tempat yang lembab, tempat lembab bisa membuat flash kita ber embun, kan gawat juga pas kita colok tu flash yah...konslet deh....
  2. Ikutin petunjuk dari sang ahli (bukan ane ya) maksudnya setelah memakai flash eject lah dengan benar, hal ini dilakukan untuk menghentikan proses yang sedang berlangsung antara flash dan kompi, ga lama kok paling ga sampe 0.5 menit (ga sampe berlumut koq..he..he..) udah tau caranya kan?...ni kyak gini : drag aja icon safety remove hardware pada system tray icon seperti gbr disamping, kemudian ya tinggal kita klik saja drive mana yang akan kita eject, ga lama koq hanya perlu beberapa detik saja. (jadi orang sabar dikit napa..?). banyak benernya koq " lebih baik mencegah ketimbang mengobati" hayo...pilih yang mana..? Lanjut..
  3. And Then..Jangan dibenturkan ke benda keras lainnya. semua media penyimpanan memang anti terbentur ke benda keras, seperti halnya HDD (Hard Disk Drive) sekali jatuh ataupun terbentur benda keras lainnya bisa fatal lho jadinya.
  4. Trus ... ( jangan trs..trs...tar nabrak..) Hindari pengeditan langsung dari flash, emgnya napa? nah kalo kita edit langsung dari flash berarti tu flah kerjanya maksimalkan, kalo dipaksa terus ya akan memperpendek umur flash kesayangan kita ( almarhum ), caranya copy aja dulu datanya ke kompi, trus edit data yang ada di kompi, nak kalo sudah selesai copy balik datanya ke flash kita.
  5. And the last.... Tutup kembali Flash drive bila selesai digunakan (ada tutupnya kan?) bagi yang ga punya tutupnya pake aja tutup botol ( he..he..Just kidding ) ga lah pasti ada tutupnya, lain halnya kalo beda model tapi paling ga ada pengganti tutupnya kan? hal ini menghindari head sambungan USB agar tidak masuk benda lain.
Selesai deh tips nya, bagi yang setuju ya silahkan ga setuju AWAS LOE..!! ( he..he.. ga koq, silahkan menambahkan, karena manusia punya kekurangan toh..?) Oke that its, so I wish it can useless for sobat ku....